Thursday, December 26, 2013
Urutan Warna Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
Friday, November 15, 2013
Luas Bangun Datar Menggunakan GUI
Wednesday, November 13, 2013
Mengatur Warna Teks (TextColor) TextView Pada Aplikasi Android Tanpa File XML
Friday, November 1, 2013
DISCALC - Aplikasi Penghitung Harga Diskon
Tuesday, October 29, 2013
Enam PIN BBM dalam Satu HandHeld Android
Thursday, October 24, 2013
Blackberry Messenger Lintas Platform
BBM atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Blackberry Messenger kini telah resmi hadir di Android dan iOS setelah sebelumnya sempat gagal rilis di bulan September silam dan ditarik lagi dari pasaran. Kini sekarang kita dapat menginstall-nya kembali secara full, resmi, dan tentunya GRATIS tanpa dipungut biaya. Akan tetapi untuk pengguna baru tidak dapat langsung menggunakanya dikarenakan harus menunggu konfirmasi (waiting list) dari pihak BBM.
Friday, October 18, 2013
(SOFTWARE) Pixlr-O-Matic
Thursday, October 17, 2013
(JAVA) Program Bintang Pola 2
Kembali membahas program Bintang. Kali ini saya akan menjabarkan koding program bintang pola kedua. Program Bintang ini merupakan bentuk kustomisasi dari metode FOR. Program ini saya jadikan sebagai tugas praktikum adik tingkat saya di kampus. Bentuk dari program Bintang yang akan dibuat akan membentuk pola seperti berikut :
* * * * *
* * * *
* * *
* *
*
Monday, October 14, 2013
(JAVA) Program Bintang
Program bintang adalah program yang berfungsi untuk menampilkan susunan bintang membentuk pola tertentu. Berikut ini adalah program bintang yang sudah saya buat, silahkan di simak.
Enjoy (^_^)v
Sunday, October 6, 2013
(ANDROID) java.lang.ClassCastException: android.app.Application
java.lang.ClassCastException: android.app.Application
Tuesday, October 1, 2013
(ALGORITMA) Turbo Boyer-Moore (part2)
Friday, September 27, 2013
(ANDROID) Perbedaan px, in, mm, pt, dp, dip dan sp
Dalam pemrograman berbasis Android, pasti kita akan menemukan suatu parameter yang harus diisi dengan nilai tertentu, seperti ukuran huruf, tinggi gambar, lebar tombol, dan lain-lain. Di Android, semua sistem pengukuran sudah diatur dengan baik. Untuk itu, daripada bingung, lebih baik sekarang kita bahas tentang berbagai jenis satuan ukuran yang ada di Android.
Wednesday, September 25, 2013
(ANDROID) Konsep Layar dalam Pembuatan Aplikasi
Dalam setiap bahasa pemrograman, pasti ada konsep-konsep dasar yang harus dipahami programmer sebelum membuat sebuah sistem menggunakan bahasa pemrograman tersebut. Konsep disini biasanya berupa hal-hal yang harus diperhatikan dalam perancangan sistem nantinya. Dalam pemrograman Android yang notabene berhasa Java-pun, ada beberapa konsep layar yang harus dipahami selain bahasa pemrograman Java itu sendiri.
Tuesday, September 10, 2013
(ANDROID) Membuat Button Kustom / Membulat
Kembali ke postingan Android. Kali ini kita akan mencoba membuat Button Kustom di Android dengan membuat tampilan button tersebut agak membulat (Rounded Rectangle). Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
Saturday, September 7, 2013
(ALGORITMA) Turbo Boyer-Moore
Berbicara mengenai algoritma Turbo Boyer-Moore maka tidak terlepas dari algoritma pendahulunya yaitu algoritma Boyer-Moore. Algoritma Boyer-Moore adalah algoritma pencarian string yang dipublikasikan pertama kali oleh Robert S. Boyer, dan J. Strother Moore pada tahun 1977.
Menurut Christian Thierry Charras dalam bukunya Handbook of Exact String Matching Algorithm mengatakan algoritma Boyer-Moore adalah algoritma yang paling efisien pada aplikasi umum. Algoritma Boyer-Moore bekerja dengan memulai pencocokan pattern dari kanan bukan dari kiri. Dengan memulai pencocokan karakter dari kanan, maka akan lebih banyak informasi yang didapat (Boyer, 1977).
Bila dibandingkan dengan algoritma Boyer-Moore, algoritma Turbo Boyer-Moore tidak membutuhkan pemrosesan ekstra. Algoritma ini mengingat faktor dari teks yang cocok dengan akhiran dari pattern selama attempt terakhir. Dengan demikian, teknik ini mempunyai dua keunggulan (Charras, 2001):
Saturday, August 10, 2013
Android 1.0 (API Level 1)
Dirilis pertama kali, Android 1.0 adalah android versi komersial pertama yang dirilis pada 23 September 2008. Dan perangkat yang pertama kali menggunakan platform ini adalah HTC Dream.
Thursday, August 1, 2013
(ANDROID) Hardest Game Ever 2
Main game di Android tidak akan pernah sesulit ini. Game yang biasanya membuat player merasa senang saat memainkannya tak akan anda rasakan disini. Sesuai namanya, Hardest Game Ever 2 benar-benar sebuah game yang sulit. Tidak seperti game lain yang sangat mudah diikuti oleh pemain. Pada game ini semuanya memang terlihat mudah. Namun itu hanya pancingan agar anda ingin memainkannya.
Thursday, July 11, 2013
(ANDROID) Strange Adventure ~GAME
Sebelumnya saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1434 Hijriyah. Semoga puasa kita diterima Allah SWT. amiiiin. Berhubung materi tentang tutorial sedang out of stock, maka kali ini saya akan membagi informasi tentang aplikasi android. Nah, kalau android rasanya tidak akan jauh-jauh dari aplikasi atau game. Kali ini game yang akan saya bagikan yaitu Strange Adventure buatan Thank Create Studio.
Monday, July 8, 2013
(ARSIP) Laporan KKN ‘67 Tahun 2012 Universitas Bengkulu
Berbagi arsip lagi…
Arsip adalah koleksi penyimpanan catatan dan data-data, dan juga merujuk kepada tempat di mana catatan dan data-data ini disimpan. Sebuah arsip mirip dengan perpustakaan. Perbedaannya ialah bahwa sebuah arsip tidak selalu bebas dikunjungi siapa saja, kecuali Arsip Negara. (id.wikipedia.org)
Sesuai dengan masa-masa KKN, amak kali ini, saya akan berbagi laporan KKN saya di tahun 2012 kemaren.Silahkan di lihat :
Selamat menikmati, semoga bermanfaat.
Thursday, July 4, 2013
(INFORMASI) Website Alternatif JNE
Saturday, June 22, 2013
(C#) Membuat Validasi Angka
Kembali ke postingan blog, kali ini yang akan dibahas adalah bahasa pemrograman C#. Apa itu C# ?? ini dia…
C Kress atau C# (dibaca: C sharp) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .NET Framework. Bahasa pemrograman ini dibuat berbasiskan bahasa C++ yang telah dipengaruhi oleh aspek-aspek ataupun fitur bahasa yang terdapat pada bahasa-bahasa pemrograman lainnya seperti Java, Delphi,Visual Basic, dan lain-lain) dengan beberapa penyederhanaan. Menurut standar ECMA-334 C# Language Specification, nama C# terdiri atas sebuah huruf Latin C (U+0043) yang diikuti oleh tanda pagar yang menandakan angka # (U+0023). Tanda pagar #bali km yang digunakan memang bukan tanda kres dalam seni musik (U+266F), dan tanda pagar # (U+0023) tersebut digunakan karena karakter kres dalam seni musik tidak terdapat di dalam keyboard standar. (wikipedia.org)
Setelah mengetahui dan memahami apa itu C#, sekarang kita bahasa salah satu tutorial C# yakni membuat Validasi Angka dengan C#. Silahkan dibaca.
Tuesday, June 11, 2013
(ARCVIEW) Analisis Peruntukan / Menggunakan Buffer
Saturday, June 8, 2013
(ARCVIEW) Memotong Gambar
Wednesday, May 29, 2013
(ARSIP) Laporan Kerja Praktek
Arsip adalah koleksi penyimpanan catatan dan data-data, dan juga merujuk kepada tempat di mana catatan dan data-data ini disimpan. Sebuah arsip mirip dengan perpustakaan. Perbedaannya ialah bahwa sebuah arsip tidak selalu bebas dikunjungi siapa saja, kecuali Arsip Negara. (id.wikipedia.org)
Nah, malam ini saya membuat postingan tentang arsip kuliah saya. Siapa tahu ada yang membutuhkan. Silahkan di donwload…
Saturday, May 11, 2013
(JAVA) Mengambil Tanggal dari JDateChooser (Part-1)
Mungkin sudah banyak yang share tentang materi ini. Akan tetapi yang akan saya share hanya memerlukan koding sepanjang satu baris. Asli boleh dicoba dulu. Mau tahu cara nya, cek donk…
Tuesday, April 30, 2013
(JAVA–SWING) Membuat JPanel Bergambar
Kembali malam ini, saya akan memngupas masalah bahasa pemrograman Java. Kali ini yang akan saya bahas adalah tampilan komponen-komponen seperti JLabel, JTextField, dan lain-lain. Namun, yang akan dibahas bukan komponen biasa, yakni komponen yang telah mengalami modifikasi. Mau tahu lebih lengkapnya, mari kita bahas…
Monday, April 8, 2013
(ARCVIEW) Digitasi Peta
Monday, April 1, 2013
(ARCVIEW) Membuat Titik Koordinat Penyesuaian Bumi
Thursday, March 28, 2013
(JARINGAN) OPEN SHORTEST PATH FIRST / OSPF
Postingan kali ini merupakan lanjutan materi dari potingan tentang Routing sebelumnya. Materi kali ini yang dibahas adalah Border Gateway Protocol (BGP). Untuk lebih jelasnya, baca postingan ini…
Monday, March 25, 2013
(JARINGAN) IGRP dan EIGRP
Postingan kali ini merupakan lanjutan materi dari potingan tentang Routing sebelumnya. Materi kali ini yang dibahas adalah Border Gateway Protocol (BGP). Untuk lebih jelasnya, baca postingan ini…
Monday, March 18, 2013
(JARINGAN) ROUTING INFORMATION PROTOCOL / RIP
Postingan kali ini merupakan lanjutan materi dari potingan tentang Routing sebelumnya. Materi kali ini yang dibahas adalah Routing Information Protocol (RIP). Untuk lebih jelasnya, baca postingan ini…
Monday, March 11, 2013
(JARINGAN) BORDER GATEWAY PROTOCOL / BGP
Postingan kali ini merupakan lanjutan materi dari potingan tentang Routing sebelumnya. Materi kali ini yang dibahas adalah Border Gateway Protocol (BGP). Untuk lebih jelasnya, baca postingan ini…
Monday, March 4, 2013
(JARINGAN) ROUTING
Selamat sore teman, pada postingan kali ini, saya akan menjabarkan salah satu tugas kuliah saya dalam mata kuliah Jaringan Komputer. Dalam tugas tersebut, saya disuruh menjabarkan tentang Routing. Nah, tanpa harus berlama-lama mari kita mulai penjabarannya.
Tuesday, February 5, 2013
(TIPS) Memperbaiki Windows 7 dengan Sistem Recovery
Setelah mematikan laptop tadi siang, terjadi sebuah insiden. Si Laptop tidak bisa boot alias tidak bisa masuk ke bagian OS sehingga tidak dapat digunakan. Nah, jika kalian mengalami hal ini, tenang kita senasib. Apalagi jika kalian menggunakan OS Windows 7, maka semua masalah insya Allah terselesaikan. Mau tahu caranya, ayo lanjut..
Monday, January 28, 2013
(JAVA) Penggunaan JFileChooser
Akhirnya bisa kembali posting setelah satu semester tidak nge-post. Mungkin kebanyakan mikirin skripsi yang sudah mulai digarap semester 8 ini. Semoga semuanya tetap setia menunggu postingan saya.
Hahaha *dilempar bunga
Postingan kali ini untuk mencoba membuka gambar menggunakan JFileChooser. Bagi teman-teman yang belum tau JFileChooser, bisa bertanya sama mbah tiri saya, mbah Google. Hahaha