Luas Bangun Datar Menggunakan GUI

Materi praktikum Pengantar Pemrograman dan Rekayasa Perangkat Lunak pada 14 November 2013 tentang Graphical User Interface (GUI). Materi dasar ini membahas tentang membuat tampilan berbasis GUI dengan menggunakan Java Swing di pemrograman Java. Pada  bagian ini, yang akan di bahas adalah membuat Program Luas Bangun Datar menggunakan GUI Java. Berikut adalah tampilan yang akan dibuat :
image
Ini adalah koding yang digunakan untuk membangun tampilan di atas.
  • JLabel = jLabel1, jLabel2, jLabel3, jLabel4 ;
  • JTextField = txt_sisi1, txt_sisi2 ;
  • JButton = bt_proses ;
  • JComboBox = cbox_jenis ;
Klik kanan pada cbox_jenis, pilih Event > Item > ItemStateChange, ketik koding berikut :
private void cbox_jenisItemStateChanged(java.awt.event.ItemEvent evt) {
 int pilihan = cbox_jenis.getSelectedIndex();
 if(pilihan == 0){
  jLabel2.setText("Sisi 1");
  jLabel3.setText("Sisi 2");
 } else if(pilihan == 1){
  jLabel2.setText("Alas");
  jLabel3.setText("Tinggi");
 } else {
  jLabel2.setText("Panjang");
  jLabel3.setText("Lebar");
 }
}
Klik kanan pada bt_proses, pilih Event > Action > ActionPerformed, ketik koding berikut :
private void bt_prosesActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
 int hasil = 0;
 int pilihan = cbox_jenis.getSelectedIndex();
 String input1 = txt_sisi1.getText();
 String input2 = txt_sisi2.getText();
 int s1 = Integer.parseInt(input1);
 int s2 = Integer.parseInt(input2);
 if(pilihan == 0){
  hasil = s1*s2;
 } else if(pilihan == 1){
  hasil = (s1*s2)/2;
 } else {
  hasil = s1*s2;
 }
 String st_hasil = String.valueOf(hasil);
 txt_hasil.setText(st_hasil);
}
Cek lagi setiap tanda kurung kurawal sehingga tidak ada error lagi, lalu jalankan program dengan menekan klik kanan pada class LuasBangunDatar.java lalu pilih Run File atau tekan ShortCut Shift+F6 sehingga hasilnya
image
image
image
Enjoy (^_^)v

Post a Comment