Memindahkan Tanggal Dari JTable Ke JDateChooser

Assalamualaikum dan selamat malam. Kali ini kita kembali akan membahas koding Java. Kasus yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana cara memindahkan data Tanggal dari JTable ke JDateChooser. Hal ini menjadi penting jika kita perlu melakukan perubahan data Tanggal dari tabel. Untuk hasilnya, dapat dilihat pada gambar berikut:

image

Mungkin itu terlihat seperti Preview biasa, tapi percayalah itu Benar. Hehehe

Untuk memecahkan kasus yang akan kita bahas, alangkah baiknya teman-teman merancang dulu  form yang akan digunakan. Untuk contoh, teman-teman bisa melihat Preview diatas. Setelah itu, teman-teman harus membuat event pada saat Tabel di klik dengan cara:

JTable – Klik Kanan – Event – Mouse – MousePressed

Lalu teman-teman ketik koding berikut :

if(evt.getClickCount()==1){
            jDateChooser1.setDate(getTanggalFromTable(jTable1, 2));
        }

Pasti error kan ?? Ya iya lah, kan metode getTanggalFromTable-nya belum dibuat. Hahaha
Jadi langkah selanjutnya, mari kita buat metodenya. Ketik koding berikut:

public static Date getTanggalFromTable(JTable table, int kolom){
        JTable tabel = table;
        String str_tgl = String.valueOf(tabel.getValueAt(tabel.getSelectedRow(), kolom));
        Date tanggal = null;
        try {
            tanggal = new SimpleDateFormat("yyyy-MM-dd").parse(str_tgl);
        } catch (ParseException ex) {
            Logger.getLogger(TableDate.class.getName()).log(Level.SEVERE, null, ex);
        }
        return tanggal;
    }

Nah, tinggal di-Run dan hasilnya akan sama seperti Preview diatas.

image

Selamat Mencoba   \(^_^)9

25 Komentar

Sangat membantu gan.. ane juga lagi nyari referensi ni.. makasih gan.. terus berkarya gan.. ditunggu karya lainnya gan..

Reply

Makasih gan, senang bisa membantu....

Reply

Makasi kak, sangat membantu nih buat tgas besar PBO :-D

Reply

oh yah gan.. ane ada masalah ni tentang JDateChooser ni.. pas ane masukkan kedalam database lancar gan.. tapi pas direfresh table nya kok ada jamnya yah gan di Jtablenya.. apa tipe nya jangan pakai tipe date atau gimana gan didatabesenya.. mohon pencerahan nya gan.. mav belepotan ni ketikan ane gan..

Reply

klo menurut ane tipe data di database harus di set DATE bukan DATETIME, nah pas mau manggil isi database ke JTable, pkai getString aja gan, jangan getDate..

Reply

sama-sama, senang bisa membantu... :)

Reply

Bang, saya mau tanya nih, kalau dijava itu ada gk sih time chooser? kalau ada namanya apa ya? trus cara untuk menampilkan data jam ke time choosernya itu bagaimana? soalnya saya cuma pake combobox, trus didatabasenya tipe time without timezone. Mohon bantuannya ya bang :D

Reply

Bank kalau mindahin data dari table FromA ke JDataChooser FromB gimana???Tolong pencerahannya

Reply

Setau saya blum ada timechooser di java, cuma dulu pernah bikin kayak timechooser pakai JSpinner cuma project nya hilang karena install ulang, nanti saya coba buat lagi..
*maap lama gak buka blog

Reply

klo bagian perpindahan data antar form, jujur saya blum pernah mencoba, nanti saya pelajari dulu..
*maap lama gak buka blog

Reply

boleh minta projectnya gan? ane masih bingung..

Reply

gan,maksih tutorialny..utk update data,utk cari data apa coding utk jcalendar?

Reply

gan kalau table tanggalnya itu kosong atau ga kodinganya gmn yah...:)

Reply

good, thx broo
sukses selalu

Reply

Boleh minta projeknya gk bro....
aku udah coba yang diatas tapi masih gk tampil....
mungkin aku ada yg keliru dalam penulisannya jadi aku mau minta projeknya aj itu pun kalau bisa bro

makasih..

Reply

Gan ko masih gagal yah... ga nampil data dari jtabel yg di klik sama ane ttep g nmpil di jdatechooser'y... mohon bimbingan'y

Reply

Terima kasih Gan. Sangat membantu. (y)

Reply

Buat MVC ko masih belumisa bang ?

Reply

Terimakasih banyak bang. Sangat membantu.

Reply

bang mau tanya ni ketik coding metodenya dimananya ya ?

Reply

Terima kasih gan luar biasa.

Reply

Gan klo tanggal nya bisa diisi kosong gymna ya caranya coz aq mau bikin tgl untuk masa expired barang kan barang ada yang punya masa expired dan ada yg gak tolong beri pencerahan nnya timakasih

Reply

Tanya dong kx, gimana ya kalau kasusnya buat nampilin datanya beda, jadi antara form tempat tabel data sama field" buat nampilin tu beda form

Reply

Class TableDate mana nii .. hadew

Reply

Mantap gan, ini yang saya sedang butuhkan! terus berkarya aja gan
sebelumnya terima kasih!

Reply

Post a Comment