(JAVA) Program Hello World

Assalamualaikum  Warahmatullahi Wabarakatuh Kembali yOdy membuat postingan untuk hari ini untuk melanjukan materi Jadul kita bersama. Yupz, kita masih belajar materi Jadul yaitu pengenalan bahasa Java. Setelah mengetahui Pengantar Bahasa Java, sekarang kita akan melanjutkan materi kita yaitu memahami Dasar-Dasar Bahasa Pemrograman JAVA. Mau tahu kelanjutannya ?

Program Hello World
Nah, pasti teman-teman sering mendengar program Hello World. Yupz, program HW adalah program paling standar dan paling utama dalam mempelajari suatu Bahasa Pemrograman. Dengan membuat program  HW dan program tersebut berjalan lancar, maka dapat dipastikan teman-teman sudah dapat melanjutkan materi untuk mempelajari lebih lanjut. Namun, jika program HW saja teman-teman sudah mengalami kesulitan, maka teman-teman harus belajar lebih giat lagi agar program HW teman-teman dapat berjalan dengan baik sesuai harapan.
Nah, setelah sedikit pengantar tentang prgram HW, maka selanjutnya yOdy akan menjelaskan tata cara membuat program HW dengan Java. Ayo, masih mau lanjut kan ??
Berikut ini adalah contoh program Hello World :
public class HelloWorld {
             public static void main(String[] args) {
                         System.out.println(“Hello World”);
             }
}
Pada kode diatas, telah diperlihatkan betapa simpel nya sebuah program HW, sehingga jika program tersebut berhasil ter-compile dengan baik, maka console akan menampilkan tulisan “Hello world”. Terdapat beberapa aturan yang mungkin harus dipenuhi agar prgram HW tersebut berjalan dengan baik seperti yang kita harapkan. Berikut aturan-aturan nya :
  1. Nama file harus sama dengan nama kelas pada program. Jadi jika pada kode diatas nama kelasnya adalah “HelloWorld”, maka nama file juga harus “HelloWorld.java”
  2. Hanya boleh terdapat satu kelas public pada sebuah file.
  3. Kelas yang menjadi program harus memiliki metode public static void main(String[] args)
  4. Terminal (pemisah kode) pada Java menggunakan tanda ; (titik koma)
Nah, sekian itu saja dulu yang baru bisa yOdy berikan karena yOdy juga masih belajar Java. Untuk pertanyaan dan keluhan bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.
Terimaka kasih atas perhatiannya…
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Post a Comment