(JAVA) Pengantar Belajar JAVA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Akhirnya setelah vakum beberapa hari, yOdy kembali hadir dengan postingan jadul. Jadul disini maksudnya adalah kembali ke pengantar dalam belajar JAVA. Memang akan sangat membosankan bagi teman-teman yang sudah ahli dalam java, akan tetapi hal ini akan sangat bermanfaat bagi teman-teman kita yang masih newbie dalam belajar bahasa Java. Mau tahu kelanjutannya ?
Sebelum membuat sebuah program dengan Java, ada 3 hal yang diperlukan bagi seorang Programmer Java. Apa itu yOd ? Inilah 3 hal tersebut :
  1. JDK alias Java Development Kit (sekarang sudah versi 6 Update 31 dan versi 7)
  2. JRE alias Java Runtime Environtment (sekarang sudah versi 6 Update 31 dan versi 7 / mengikuti versi JDK)
  3. NetBeans IDE (sekarang sudah versi 7.1)
Mungkin teman-teman yang baru belajar Java akan bingung dengan 3 hal diatas, baiklah yOdy akan mencoba menjelaskan satu-persatu hal-hal yan sudah yOdy sebutkan diatas. Ini penjelasannya :
  • Java Development Kit (JDK)
Java Development Kit adalah software yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode Java menjadi bytecode yang nantinya akan dimengerti dan dijalankan oleh Java Runtime Environtment. Untuk dapat membuat aplikasi berbasis Java, JDK wajib terinstal di komputer tersebut.Akan tetapi ketika aplikasi java tersebut dipindahkan ke komputer lain, maka komputer tersebut tidak harus diinstal JDK.
Download JDK disini
  • Java Runtime Environtment (JRE)
Java Runtime Environtment adalah software yang digunakan untuk menjalankan aplikasi berbasis Java. Versi JRE yang terinstall harus sama atau lebih tinggi dari versi JDK yang terinstal agar aplikasi Java terbut tetap dapat dijalankan dengan baik sesuai yang diharapkan.
Download JRE disini
  • NetBeans IDE
Netbeans IDE adalah software yang digunakan dalam membangun aplikasi berbasi Java. Sebenarnya teman-teman tetap bisa membuat aplikasi Java tanpa menggunakan Netbeans, namun yOdy jamin teman-teman bakalan sulit dalam memahami Java karena sebelumteman-teman membuat method-method untuk operasi program, teman-teman sebelumnya harus memahami cara mendesain form tanpa form editor seperti yang sudah ada pada Netbeans. Jadi, sangat yOdy sarankan teman-teman untuk menginstall program Netbeans agar teman-teman tidak repot dalam mendesain form karena sistem Drag And Drop Netbeans sangat membantu dalam mendesain form aplikasi java yang kita buat. Oh ya, ada lagi kelebihan dari Netbeans yaitu dapat digunkan untuk membangun perangkat lunak berbasis Java Standard Edition (J2SE), Java Enterprise Edition (J2EE), Java Micro Edition (J2ME), JavaFX, PHP, C/C++, Ruby, Groovy, dan Python.
Download Netbeans disini
Mungkin sekian itu saja yang baru bisa yOdy sampaikan karena ilmu yOdy tentang pendukung aplikasi Java masih sedikit. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang akan memulai memasuki dunia Java.
Sekian dan terimakasih atas perhatian nya.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Post a Comment