(TIPS) Memperbaiki Windows 7 dengan Sistem Recovery

Setelah mematikan laptop tadi siang, terjadi sebuah insiden. Si Laptop tidak bisa boot alias tidak bisa masuk ke bagian OS sehingga tidak dapat digunakan. Nah, jika kalian mengalami hal ini, tenang kita senasib. Apalagi jika kalian menggunakan OS Windows 7, maka semua masalah insya Allah terselesaikan. Mau tahu caranya, ayo lanjut..

Windows 7 dilengkapi dengan System Recovery Options yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki atau repair jika Windows 7 mengalami masalah, misalnya Windows 7 tidak bisa start atau sering hang dan masalah-masalah lainnya. Cara repair Windows 7 dengan System Recovery memiliki beberapa opsi, yaitu:


  1. Startup Repair. Memperbaiki masalah seperti hilang atau rusaknya file sistem Windows sehingga membuat Windows 7 tidak bisa start.
  2. System Restore. Mengembalikan file sistem Windows 7 ke kondisi tertentu dengan menggunakan Restore Point.
  3. System Image Recovery. Mengembalikan kondisi Windows 7 sesuai dengan system image yang telah dibuat.
  4. Windows Memory Diagnostic. Melakukan scan untuk mendeteksi error pada memory.
  5. Command Prompt. Menjalankan Command Line untuk mendiagnosa dan memperbaiki masalah Windows 7.

Untuk mengakses System Recovery, anda bisa melakukan beberapa cara, yaitu:

  1. Menekan tombol F8 pada saat booting sebelum muncul logo Windows untuk mengakses Advanced Boot Options. Kemudian gunakan arrow untuk memilih "Repair your computer" lalu tekan tombol "Enter".
  2. Menggunakan System Repair Disc Windows 7.
  3. Menggunakan DVD atau USB instalasi Windows 7.

Untuk mengakses dengan menggunakan DVD / USB Installer atau System Repair Disc Windows 7, maka lakukan langkah- langkah berikut:

  • Masukkan DVD / USB Installer atau System Repair Disc Windows 7 lalu restart komputer.
  • Tekan tombol F12 (atau tombol yang sesuai dengan komputer anda) untuk mengakses Boot Menu. Pilih DVD atau USB lalu tekan "Enter".
  • Ketika muncul pesan "Press any key to boot from CD or DVD, USB", maka anda harus menekan salah satu tombol untuk konfirmasi.
  • Ketika muncul windows "Install Windows", klik "Next".
  • Klik "Repair your computer".

  • Setelah System Recovery menemukan tempat instalasi Windows 7, klik "Next".

  • Selanjutnya akan muncul windows "System Recovery Options" yang bisa anda gunakan untuk repair Windows 7 dengan opsi yang sesuai dengan masalah atau keinginan anda.

Sekian tips dari saya, lebih dan kurang saya mohon maap.
Sumber : Ganoox

Post a Comment