(ARCVIEW) Membuat Titik Koordinat Penyesuaian Bumi

Dimalam yang sesunyi ini, aku sendiri hanya laptop yang menemani. Akhirnya kini kusadari, blog-ku telah sepi, kehabisan materi. Hahaha *mutar lagu Peterpan – Kisah Cintaku
Selamat malam teman, malam ini kita kembali berjumpa melalui sepatah dua patah kata yang mana kali ini kita akan membahas sebuah materi baru yang belum ada sebelumnya di blog ini. Yup, tentang GIS. Semoga kalian semua sudah mengetahui dan memahami makna dibalik singkatan GIS. GIS adalah kependekan dari Geographical Information System atau kita lebih mengenalnya dengan Sistem Informasi Geografis (SIG).
Nah, di malam April Mop ini, saya mau membahas salah satu materi GIS yakni Membuat Titik Koordinat Penyesuaian Bumi. Maksudnya jika kita memasukkan gambar JPG/JPEG ke dalam ArcView, maka saat melakukan proses digitasi, hasil digitasinya akan sesuai dengan keadaan sebenarnya yang ada di muka bumi. Paham ??
Mau tahu caranya ?? Lanjut baca…
  1. Sebelum melakukan proses digitasi peta menggunakan ArcView, terlebih dahulu kita install ekstensi yang diperlukan dalam proses digitasi peta, seperti
    1. Av_Spatial Analyst,
    2. AvTools, dan
    3. Image Analisys.
    image_thumb[86]
  2. Untuk mempermudah proses digitasi nantinya, edit gambar peta agar menampilkan garis lintang dan garis bujur sebagai titik akurasi dalam pendigitasian.

    image_thumb[80]image_thumb[82]
  3. Lalu buka ArcView dan aktifkan ekstensi berikut :
    1. AvTools,
    2. Digitizer,
    3. Graticules and Measured Grids,
    4. Image Analysis,
    5. IMAGINE Image Support, dan
    6. JPEG (JFIF) Image Support.
    image_thumb[84]
  4. Tambahkan gambar berformat JPEG ke dalam project:
    Add Theme, pilih Data Source Types nya Image Analysis Data Source.

    image_thumb[66]

  5. Lalu langkah selanjutnya adalah membuat titik acuan untuk proses digitasi yakni dengan mengubah nilai pada garis bujur dan garis lintang (BT dan LS) pada bagian yang akan dijadikan titik acuan dengan memilih button View tools ( ), pilih Degree Conversion ( ), lalu klik Klik Button DMS ->>DD seperti berikut :

    image_thumb[74]image_thumb[78]

    Jangan lupa lakukan juga konversi pada pertemuan titik yang di sudut kanan bawah :

    image_thumb[90]image_thumb[97]
  6. Setelah nilai-nilai tadi dikonversi, sekarang kita akan mulai membuat titik acuan, yakni dengan cara memperbesar titik yang ingin diambil (titik yang pertemuan/titik potong garis lintang dan garis bujur bagian sudut kiri atas dengan memilih Zoom In ), Klik Button View Allign Tool ( ), klik kiri 1 kali pada titik pertemuan garis lintang dan garis bujur à klik kanan tahan (jangan sampai dilepas), pilih Enter ‘To’ Coordinat.

    image_thumb[138]image_thumb[126]image_thumb[136]image_thumb[130]
  7. Kemudian klik Theme|Save Images as, maka akan muncul dialog box, pilih “No”, beri nama, muncul dialog box selanjutnya, pilih “Yes”. Dengan demikian gambar berbentuk JPEG sudah masuk ke dalam koordinat bumi.

    image_thumb[148]
    image_thumb[158]
    image_thumb[166]
    image_thumb[172]
Itulah tata cara pembuatan titik koordinat penyesuaian bumi pada ArcView. Untuk langkah-langkah digitasi, tunggu di postingan selanjutnya. Yang mau dikirimkan link-nya, bisa request di kolom komentar di bawah, sertakan akun twitter yah…
Selamat mencoba, wassalam…

2 Komentar

gan ngedit gambar nya biar ada garis - garis lintang sama bujurnnya gmna ya?

Reply

Post a Comment